Copy Trade, Pengertian dan Cara Kerjanya

Pernah dengar istilah copy trade? Istilah ini memang identik dengan dunia trading. Sebenarnya istilah yang memiliki banyak sebutan ini sudah dikenal sejak tahun 2000-an.

Beberapa trader ada yang menyebutnya copy trading, demikian halnya dengan penulisan dari copy trade itu sendiri. Konsep copy trading ini memang lebih banyak dilakukan oleh para trader pemula yang ingin mengikuti gaya maupun langkah yang dilakukan oleh seorang trader profesional untuk meraih keuntungan.

Copy trading adalah bentuk praktis dari belajar trading secara langsung berdasarkan pengalaman seorang trader profesional dengan melihat riwayat transaksi dan keuntungannya secara langsung.

Pengertian Copy Trade

Selain memiliki pengertian mengadopsi aktivitas yang dilakukan seorang trader profesional, copy trading juga bisa diartikan sebagai layanan yang memberi kemungkinan kepada para trader untuk secara otomatis menyalin posisi trading yang telah dilakukan oleh seorang trader ahli.

Caranya adalah dengan menautkan akun tradernya ke akun trader ahli tersebut, tujuannya untuk memperoleh profit yang maksimal sama seperti yang diperoleh trader yang ia adopsi langkahnya.

Hal yang Harus Dilakukan Seorang Copy Trade

Seorang copy trader dituntut untuk selalu mempelajari langkah yang telah dilakukan oleh trader ahli mulai dari indikator hingga strategi yang dilakukannya untuk diaplikasikan ke akun tradingnya termasuk ke strategi trading yang ia lakukan sehingga bisa meraih keuntungan secara kontinyu baik ketika menutup maupun membuka transaksi perdagangan.

Baca Juga :  Forex Halal atau Haram dalam Perspektif Ahli Fiqih dan Fatwa MUI

Ketika melakukan copy trade ini, seorang trader harus bisa memilih trader profesional yang dianggap bisa menghasilkan keuntungan secara konsisten dan memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Untuk bisa menemukan trader profesional itu, seorang copy trader cukup melihat rekam jejak tiap trader untuk kemudian memutuskan siapa yang hendak diadopsi langkahnya.

Cara Kerja Copy Trading

Melakukan copy trade berbeda satu sama lainnya hal ini tergantung dari platfornya. Meski demikian dalam prinsip dasar copy trade memiliki praktek yang sama, yakni; menyalin berbagai trading yang telah ia lakukan ke dalam akun trading Anda.

Performa seorang trader bisa dilihat dari statistik melalui grafik yang telah ia lakukan selama transaksi. Grafik ini adalah grafik sesungguhnya yang tidak bisa dimanipulasi sehingga tingkat keterpercayaannya sudah sangat dijamin keasliannya.

Berikut beberapa indikator yang bisa dianalisa oleh seorang copy trader ketika mencari rekam jejak trader profesional;

Melihat Pengalaman Suksesnya

Dari grafik historinya, seorang copy trader bisa melihat pengalaman sukses trader ahli dalam melakukan transaksi, dengan begitu Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah yang telah ia lakukan sehingga menghasilkan keuntungan.

Melihat Manajemen Resikonya

Seorang trader ahli umumnya sudah memiliki manajemen resiko yang baik, mereka bahkan telah memiliki tingkat resiko yang sudah dipertimbangkan secara matang untuk tiap strategi dari transaksi yang mereka lakukan.

Melihat Pengalaman Kegagalannya

Dari grafik rekam jejak ini pula, copy trader bisa melihat pula seberapa tinggi tingkat kegagalan seorang trader ahli yang hendak diadopsi langkahnya. Dalam artian, seorang trader profesional sekalipun pasti pernah mengalami kerugian, dan umumnya pengalaman ini yang dijadikan pengalaman berharga oleh mereka untuk merumuskan langkah transaksi yang lebih baik lagi untuk menekan potensi kerugian.

Baca Juga :  Aplikasi Edit Foto Pengantin Penghasil Uang

Disini Anda tidak boleh egois dan hanya membatasi pemilihan trader yang tak pernah rugi, sebab hal itu tidak akan bisa Anda temukan. Prinsip perdagangan, adalah wajar jika pernah mengalami kerugian.

Berdasarkan indikator diatas, copy trade sebenarnya memberikan jaminan efisiensi khususnya bagi trader pemula untuk memulai perdagangan komoditas di pasar modal, karena bisa membaca dan melihat pengalaman berbagai trader profesional secara langsung.