...

5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Selain Endorse yang Potensial

Instagram menjadi media sosial yang dapat menghasilkan uang, yaitu salah satunya melalui endorse. Namun, tentunya tidak semua orang bisa melakukan kegiatan endorse ini. Terlebih jika bukan seorang influencer atau selebgram. Walaupun demikian ada cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse dan bisa dilakukan oleh siapapun. Simak beberapa caranya berikut ini:

1. Jual Barang Preloved

Mendapatkan uang melalui Instagram terbilang mudah, salah satunya adalah dengan menjual barang preloved. Pemula bisa memulainya dengan menjual pakaian yang jarang dipakai namun masih sangat bagus dan layak digunakan. Daripada pakaian hanya menumpuk di lemari, alangkah lebih baiknya diubah menjadi uang dengan cara menjualnya.

Perlu diketahui bahwa cara ini juga dilakukan oleh beberapa artis seperti Luna Maya, Ashanty dan lainnya. Selain menjual barang preloved milik sendiri, bisa juga dengan membelinya secara ball di tempat yang menyediakannya. Tentukan ingin menjual barang bekas jenis apa. Misalkan baju branded, jaket, barang antik dan lainnya.

2. Jual Produk Handmade

Selain menjual barang preloved, agar Instagram yang dimiliki bisa menghasilkan uang maka cobalah untuk menjual produk buatan sendiri. Bisnis ini terbilang sangat potensial, karena prospeknya cukup menjanjikan. Produk handmade memiliki kualitas yang meyakinkan karena dikontrol oleh pemiliknya langsung. Selain itu, banyak orang yang lebih menyukai sesuatu yang unik.

Beberapa produk handmade yang mampu mencuri perhatian antara lain aksesoris, tas, snack, sambal dan lainnya. Buatlah produk sesuai dengan minat serta keahlian yang dimiliki. Lakukan eksplorasi untuk mendapatkan berbagai ide segar dan dituangkan dalam bentuk produk unik. Agar lebih menarik pengguna Instagram lainnya, kemas produk tersebut dengan packaging yang menarik.

3. Buka Jasa Admin Instagram

Beberapa akun Instagram membutuhkan pengelolaan yang lebih serius, terlebih jika akun tersebut digunakan untuk berbisnis. Hal ini tentunya menjadi peluang besar untuk para pengguna Instagram. Dengan kata lain cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse dapat dimulai dengan membuka jasa admin Instagram.

Gunakan keahlian yang dimiliki untuk menawarkan jasa admin Instagram bagi para pebisnis yang sedang membutuhkannya. Perlu diketahui bahwa bisnis ini sangat potensial, terlebih Indonesia sudah memiliki lebih dari 25 juta akun bisnis para UMKM. Sebelum terjun ke bisnis ini, pastikan untuk membuat akun yang profesional dan terus meningkatkan engagement rate.

4. Tawarkan Jasa Titip atau JasTip

Jika memiliki hobi window shopping atau melihat-lihat barang di toko, buatlah hobi ini untuk mendapatkan uang. Tawarkan bisnis jasa titip kepada para pengguna Instagram. Caranya adalah dengan memotret sebuah produk kemudian tawarkan melalui Instagram. Apabila ada konsumen yang tertarik, belikan produk sesuai permintaan konsumen.

Walaupun harganya nanti terbilang lebih mahal karena konsumen harus membayarkan harga jasa titip, namun cara ini terbilang lebih praktis. Konsumen tidak perlu mengantri lama di toko maupun berebutan dengan pembeli lainnya. Salah satu jasa titip yang dapat dilakukan yaitu pakaian branded dengan merk ternama seperti H&M, Uniqlo, Rubi, Stradivarius dan lainnya.

5. Buka Jasa Desain Feed Instagram

Cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse berikutnya yaitu membuka jasa desain feed Instagram. Bisnis ini cocok dilakukan bagi yang suka desain grafis maupun fotografi. Peluang mendapatkan uang dari bisnis jasa desain feed Instagram sangat besar. Pasalnya banyak orang maupun perusahaan yang membutuhkan jasa ini agar Instagram terlihat lebih profesional dan rapi.

Aplikasikan kemampuan dalam desain grafis dengan menggunakan berbagai tools yang mendukung. Mulai dari aplikasi Photoshop, Coreldraw, Canva dan lainnya. Kembangkan kreatifitas sebaik mungkin agar bisnis ini bisa terus berkembang.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram selain endorse yang perlu diketahui. Dengan beberapa referensi tersebut, tidak hanya selebgram atau influencer saja yang berpeluang untuk mendapatkan uang melalui Instagram. Melainkan semua pengguna Instagram juga bisa menghasilkan uang melalui platform yang memiliki lebih dari 1 milyar pengguna ini.