Daftar Posisi Pekerjaan dan Gaji Tokopedia Terbaru

Menggunakan ikon berwarna hijau nan lucu, Tokopedia berhasil memiliki banyak pelanggan hingga saat ini. Namun, apakah anda juga penasaran tentang para pekerja dan gaji Tokopedia? Jika iya, maka artikel ini sangat berguna untuk referensi pengetahuan yang anda butuhkan. Sebab kali ini kita akan membahas peluang bekerja di Tokopedia sekaligus keuntungan dan berapa kisaran gajinya. Yuk, cek sampai selesai ya!

Sekilas Tentang Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, Tokopedia berfungsi sebagai pasar online yang menghubungkan penjual dan pembeli dari berbagai kategori produk.

  • Produk: Tokopedia menawarkan berbagai macam produk, termasuk elektronik, pakaian, aksesoris, peralatan rumah tangga, kosmetik, makanan, dan banyak lagi.
  • Pengguna: Platform ini memiliki jutaan pengguna aktif, baik penjual maupun pembeli, yang membentuk komunitas besar di seluruh Indonesia.
  • Fitur: Tokopedia menyediakan berbagai fitur, seperti program pengiriman cepat, layanan pelanggan, dan sistem pembayaran yang beragam.
  • Investasi: Tokopedia telah menerima investasi dari berbagai perusahaan besar, termasuk SoftBank, Alibaba Group, dan Temasek Holdings.
  • Merger dengan Gojek: Rencana merger antara Tokopedia dan Gojek (platform transportasi dan layanan on-demand), yang akan membentuk perusahaan teknologi superapp baru yang besar di Indonesia bernama “GoTo.”

Service dan Layanan

Tokopedia menawarkan berbagai layanan kepada pengguna mereka. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Platform E-commerce: Tokopedia adalah pasar online di mana penjual dapat memasarkan produk mereka kepada jutaan pembeli potensial di Indonesia. Pengguna dapat menjual atau membeli berbagai produk dan kategori di platform ini.
  • Pengiriman Cepat: Tokopedia menyediakan opsi pengiriman cepat untuk sebagian produk, yang memungkinkan pembeli untuk mendapatkan barang dengan lebih cepat.
  • Program Keamanan dan Perlindungan Pembeli: Tokopedia memiliki program perlindungan pembeli untuk memastikan transaksi aman dan menghindari penipuan.
  • Program Affiliate: Pengguna dapat berpartisipasi dalam program afiliasi Tokopedia dan menghasilkan uang dengan mempromosikan produk dari penjual tertentu.
  • Program Gold Merchant: Tokopedia menyediakan program khusus bagi penjual yang berhasil memenuhi kriteria tertentu, memberikan keuntungan tambahan seperti prioritas pencarian dan dukungan khusus.
  • Layanan Finansial: Melalui kerjasama dengan lembaga keuangan, Tokopedia menyediakan layanan keuangan seperti cicilan dan pembayaran tagihan.
  • Voucher dan Diskon: Platform ini menawarkan berbagai macam voucher dan diskon untuk produk tertentu atau selama periode promosi tertentu.
  • Tokopedia Points: Pengguna dapat mengumpulkan poin saat berbelanja di Tokopedia dan menggunakan poin ini untuk mendapatkan diskon atau hadiah lainnya.
  • Program Mitra Pengiriman: Tokopedia bekerja sama dengan mitra pengiriman untuk menyediakan layanan pengiriman yang andal dan terpercaya.
Baca Juga :  Daftar Gaji Lazada Setiap Posisi Karyawan Terbaru, Cek Disini!

Posisi dan Gaji Tokopedia

Di Tokopedia, terdapat berbagai macam pekerjaan atau posisi yang mencakup berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah:

  • Software Engineer:  Mengembangkan dan memelihara platform dan aplikasi Tokopedia.
  • Data Analyst: Menganalisis data untuk mendapatkan wawasan berharga tentang tren penjualan, perilaku pengguna, dan performa platform.
  • Customer Service Representative: Menangani pertanyaan, masalah, dan permintaan dari pengguna dan penjual Tokopedia.
  • Product Manager: Mengawasi pengembangan produk dan menyusun strategi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Digital Marketing Specialist: Mengelola kampanye pemasaran digital untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.
  • Logistics Coordinator: Menyusun dan mengkoordinasikan proses logistik dan pengiriman produk untuk memastikan ketepatan dan kecepatan pengiriman.
  • Business Development Manager: Mencari peluang bisnis baru dan bermitra dengan penjual serta merek untuk memperluas katalog produk Tokopedia.
  • Finance Analyst: Menyusun laporan keuangan, melakukan analisis keuangan, dan mengelola pengeluaran perusahaan.
  • Human Resources Specialist: Bertanggung jawab atas rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia di Tokopedia.
  • UI/UX Designer: Merancang antarmuka pengguna yang menarik dan mudah digunakan untuk aplikasi dan situs web Tokopedia.

Tentu saja, ada banyak posisi dan pekerjaan lainnya di Tokopedia, mengingat skala dan kompleksitas perusahaan e-commerce tersebut. Seiring waktu, perusahaan dapat menambahkan atau mengubah posisi pekerjaan sesuai kebutuhan dan pertumbuhannya. Sedangkan untuk gaji Tokopedia, berikut daftar berdasarkan posisi karyawan:

  1. Product Administrator : Rp8.000.000
  2. Programmer : Rp15.000.000
  3. QA Engineer : Rp8.500.000
  4. Quality Assurance :  Rp8.200.000
  5. Business Development Internship : Rp7.000.000
  6. Resolution Specialist : Rp8.300.000
  7. Senior Programmer : Rp11.000.000
  8. Senior QA Engineer : Rp12.000.000
  9. Senior Software Engineer : Rp25.000.000
  10. Software Engineer : Rp24.000.000
  11. Software Engineer Intern : Rp8.000.000
  12. Staff General Affair : Rp6.500.000
  13. Staff PIC : Rp6.000.000
  14. System Administrator : Rp10.000.000
  15. Technical Architect : Rp80.000.000
  16. Transaction Officer : Rp8.700.000
  17. UI / UX Designer : Rp12.000.000
  18. Web Developer : Rp10.000.000
  19. Satpam Security : Rp5.400.000
  20. Driver / Supir : Rp4.000.000
Baca Juga :  Gaji Karyawan CV Andi Offset Semua Posisi Terlengkap

Lowongan kerja Tokopedia biasanya tersedia untuk segala kalangan. Mulai dari tamatan SMA/SMK atau fresh graduate. Bahkan untuk para profesional dengan tingkat pengalaman kerja tinggi. Biasanya pihak Tokopedia akan memposting lowongan pekerjaan selama berkala di website resmi atau beberapa platform lowongan kerja terkait.

Leave a Comment